Menulis Renungan Selama 15 Menit Ampuh Kurangi Berat Badan

imgDiet dan olahraga memang penting untuk mengurangi berat badan, namun ada banyak cara lain untuk meningkatkan keberhasilannya. Menulis renungan hidup selama 15 menit terbukti ampuh menurunkan berat badan hingga 1,5 kg dalam 4 bulan.

Renungan hidup yang dimaksud tidak selalu berhubungan dengan nilai-nilai moral atau agama, bisa juga menyangkut hal-hal yang lebih ringan seperti hobi dan musik yang disukai. Yang terpenting, apapun yang ditulis adalah sesuatu yang benar-benar bermakna dalam hidup.

"Kita membutuhkan hal itu (menulis renungan) untuk bisa merasakan integritas diri," kata Christine Logel dari University of Waterloo yang melakukan penelitian tersebut bersama dengan Geoffrey L Cohen dari Stanford University, seperti dikutip dari Times of India, Jumat (6/1/2012).

Integritas atau kewibawaan diri sangat dibutuhkan untuk mengatasi masa-masa sulit yang memberikan stres secara kejiwaan. Jika tidak diatasi, stres tersebut terkadang bisa memberikan pengaruh secara fisik berupa peningkatan nafsu makan yang tidak terkontrol.

Dengan menuliskan renungan hidup, seseorang bisa menemukan kembali integritas dirinya sehingga tidak mudah mengalami stres secara kejiwaan. Dampaknya akan sangat bermanfaat bagi orang-orang yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan.

Teori ini sudah dibuktikan sendiri oleh Logel dan Cohen dalam sebuah eksperimen yang melibatkan 45 mahasiswi dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) 23 ke atas, 58 persen di antaranya tergolong overweight dan obesitas. IMT baru dikategorikan normal jika berkisar antara 18,5-24,9.

Para partisipan dibagi menjadi 2 kelompok, salah satunya diminta menulis renungan hidup selama 15 menit tiap malam dan sisanya disuruh menulis apa saja yang tidak butuh direnungkan. Renungan hidup yang dituliskan kebanyakan berisi pengalaman sehari-hari yang dianggap paling berkesan.

Setelah 4 bulan, berat badan para partisipan kembali diukur. Partisipan dari kelompok yang menulis renungan mengalami penurunan berat badan rata-rata 1,5 kg, sedangkan kelompok yang menulis sembarangan jsutru mengalami kenaikan berat badan rata-rata 1,25 kg.

sumber:http://www.detikhealth.com/read/2012/01/06/085627/1808159/763/menulis-renungan-selama-15-menit-ampuh-kurangi-berat-badan?w992201heal

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...