Trik Agar Tubuh Terhindar dari Penyakit

imgSaat cuaca sedang tidak menentu, beberapa orang mudah sekali terkena penyakit karena sistem imun yang menurun. Untuk itu agar terbebas dari penyakit, ketahui trik-triknya.

Salah satu cara mencegah penyakit adalah dengan melakukan vaksin, tapi ada langkah-langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga terbebas dari kuman, virus atau hal lain yang menyebabkan sakit.

Berikut ini langkah sederhana yang bisa dilakukan, seperti dikutip dari Health.com, Selasa (3/1/2012) yaitu:

1. Berteman dengan udara segar
Terus menerus tinggal di dalam rumah tidak membuat orang bebas dari penyakit, karena memberikan udara segar bagi tubuh bisa menempatkan kuman pada posisi istirahat serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Hal ini karena saat tubuh terkena udara segar akan meningkatkan sel-sel pembunuh alami, neutrofil dan monosit yang nantinya meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

2. Relaksasi
Sesibuk apapun kegiatan yang dilakukan, jangan lupa memberi waktu bagi tubuh untuk melakukan relaksasi. Kondisi ini tak harus melakukan yoga atau meditasi, tapi bisa dengan bersantai sambil melakukan hal yang disukai. Karena jika santai maka tubuh akan memproduksi sitokin yang memicu respons untuk melawan penyakit.

3. Mencuci tangan
Beberapa penyakit seperti pilek dan flu sangat mudah menyebar melalui sentuhan, karena itu rajin mencuci tangan dan mengeringkannya jadi cara paling efektif. Hal ini karena tangan yang basah lebih mudah menyebarkan bakteri ketimbang tangan kering.

4. Tidur yang cukup
Orang yang terus menerus kurang tidur bisa menghambat kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk berfungsi secara optimal. Meski kebutuhan tidur tiap individu berbeda-beda, tapi orang yang 3 hari berturut-turut tidur kurang dari 7 jam berisiko 3 kali lipat terkena pilek.

sumber:http://www.detikhealth.com/read/2012/01/04/065349/1806038/766/trik-agar-tubuh-terhindar-dari-penyakit

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...