4 Cara Agar Bisa Percaya Lagi Pada Kekasih yang Pernah Selingkuh

img Tak ada seorangpun yang senang jika kepercayaannya dikhianati. Apalagi diselingkuhi oleh pasangan. Rasa sakit hati dan kecewa pun jadi alasan kuat untuk mengakhiri hubungan.

Namun apakah mungkin memberi kesempatan lagi pada pasangan yang pernah selingkuh? Apalagi jika Anda melihat si pasangan begitu menyesal. Simak tips berikut yang mungkin dapat membantu Anda mengembalikan kepercayaan pada si dia.

1. Bertanya pada Diri Sendiri
Sebelum memaafkannya, sebaiknya beri waktu bagi Anda untuk sendiri. Pergunakan waktu tersebut untuk instrospeksi dan menanyakan pada diri sendiri, apa Anda sudah memaafkannya? Atau apakah ia pernah berselingkuh sebelumnya? Ratih Ibrahim, psikolog sekaligus konsultan percintaan di Wolipop menyarankan:

"Tanyakan kepada diri kamu, apakah kamu sudah benar-benar memaafkan pasangan? Jika belum, tanyakan kembali apakah selama dua tahun terakhir ini dia pernah berselingkuh lagi? Jika jawabannya adalah tidak, sudah saatnya kamu memaafkannya. Dengan memaafkannya kamu akan melangkah maju dan meninggalkan masa lalu di belakang. Jika kamu sudah berhasil melangkah maju, akan lebih mudah untuk menumbuhkan kepercayaan terhadap dirinya," tutur Ratih.

2. Berkaca pada Diri Sendiri
Ketika keraguan mulai muncul kembali, tanyakan pula pada diri Anda, bagaimana hubungan berjalan akhir-akhir ini? Bagaimana cara ia memperlakukan Anda? Apa dia terlihat begitu menyesal? Jika jawabannya iya, maka belajarlah untuk terus berjalan dan hapus keraguan Anda padanya. Tiap orang berhak mendapat kesempatan kedua.

"Kalau ternyata kamu terus menerus dihantui perselingkuhannya dan tidak juga bisa move-on, pikirkan untuk menyudahi saja hubungan kalian, ketimbang melanjutkan sebuah hubungan yang kualitasnya buruk," tambah ibu dua anak ini.

3. Jangan Posesif
Setelah diselingkuhi, tak jarang wanita akan bersikap posesif karena trauma si pria akan pergi lagi. Namun, justru sikap inilah yang akan membuat Anda ditinggalkan.

"Perilaku posesif akan membuat pasangan kamu merasa terkekang dan tidak dipercaya. Alih-alih membuat dia sadar, perilaku posesif justru dapat membuat dirinya malah meninggalkan kamu. Lantas apa yang harus kamu lakukan? Kuncinya adalah berusaha berpikir rasional," jelas Ratih.

4. Jangan Selalu Melihat Masa Lalu
Ketika Anda sudah memilih melanjutkan hubungan, jangan pernah menoleh ke masa lalu. Hal itu akan membuat Anda kembali sakit hati, dan jadi was-was dengan si pasangan.

"Bukankah akan lebih menyenangkan jika kamu menikmati hubungan tersebut dan bersyukur dapat memiliki dia? Jika kamu terus terjebak dengan masa lalu, jangan bersedih jika akhirnya kamu pun kehilangan pacar," tambahnya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...