Agar Tidak Menjadi Wanita Posesif Pasca Diselingkuhi

imgKetika Anda sudah memutuskan untuk menerima kekasih yang pernah berselingkuh, itu berarti Anda harus membangun kepercayaan untuk si dia. Memang tidak mudah. Kemungkinan wanita bisa menjadi posesif pasca diselingkuhi.

"Memang sulit rasanya untuk kembali mempercayai pasangan kita setelah dirinya berselingkuh. Apalagi jika perselingkuhan terjadi ketika kita sudah menjalin hubungan dalam kurun waktu yang lama, Anda bisa menjadi posesif," ujar Ratih Ibrahim, psikolog dan konsultan cinta Wolipop.

Ratih menjelaskan, sikap posesif bukanlah perilaku yang tepat. Perilaku posesif akan membuat si dia merasa terkekang dan tidak dipercaya. Sikap Anda tersebut bisa menimbulkan masalah baru. Kekasih bisa tidak betah menjalani hubungan bila terus dikekang. Lalu, harus bagaimana?

1. Apakah Anda Sudah Memaafkannya? 
Tanyakan pada diri sendiri, apakah Anda sudah benar-benar memaafkannya? Jika jawabannya adalah tidak, sudah saatnya untuk belajar memaafkannya. "Dengan memaafkannya, Anda akan melangkah maju dan meninggalkan masa lalu di belakang. Jika Anda sudah berhasil melangkah maju, akan lebih mudah untuk menumbuhkan kepercayaan terhadap dirinya," ujar Ratih.

2. Lihat Perubahannya
Lihatlah perubahannya. Jika si dia benar-benar menyesal dan bersikap baik pada Anda, maka singkirkan keraguan dan pikiran negatif. Anda akan lelah jika hubungan terus menerus dihantui dengan perselingkuhannya.

3. Minta Ia Untuk Lebih Rajin Mengabari Anda
Komunikasi sangat penting dalam hubungan asmara. Komunikasi semakin penting ketika Anda tidak mempercayainya. Dengan begitu Anda tidak berasumsi negatif tentang pasangan. Mintalah dia untuk lebih sering mengabari Anda untuk mengatakan sedang di mana si dia dan bersama siapa. Cara tersebut sangat efektif untuk menumbuhkan kepercayaan Anda kembali.

4. Stop Mengungkit Perselingkuhannya
Terus mengungkit kesalahannya tidak akan menyelesaikan masalah dan malah menghalangi Anda untuk bisa percaya lagi. Untuk itu, jangan terus membahasnya dan menyeret kesalahannya di setiap argumen. Berhentilah terobsesi dengan kesalahan fatalnya tersebut. Anda harus bangkit dengan mengalihkan pikiran negatif menjadi positif. Caranya dengan menyibukkan diri dan melakukan kegiatan yang menyenangkan.

5. Putus
Pilihan terakhir adalah putus ketika Anda tidak bisa memaafkannya dan terus memikirkan perselingkuhan. Hubungan seperti ini tidak bisa dilanjutkan lagi, karena akan menjadi tidak sehat bila dijalani.

"Kalau ternyata Anda terus menerus dihantui perselingkuhannya dan tidak juga bisa move on, pikirkan untuk menyudahi saja hubungan kalian, ketimbang melanjutkan sebuah hubungan yang kualitasnya buruk," saran Ratih.


sumber:http://wolipop.detik.com/read/2013/10/03/190401/2377250/852/agar-tidak-menjadi-wanita-posesif-pasca-diselingkuhi

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...