Sering Dipeluk Kekasih Buat Pria Tidak Mudah Tergoda Wanita Lain


img Ingin dapat pujian kalau Anda cantik dari pasangan dan menjaganya tetap setia? Tidak perlu pakai gaun feminin, sepatu high heels atau merias wajah. Sering-sering saja berpelukan dengan si dia!

Saat pria mengatakan kalau istri atau kekasihnya terlihat cantik, bukan semata-mata karena ia baru potong rambut, berias diri atau faktor lainnya yang terlihat dari luar. Melainkan hormon yang membuatnya berucap demikian.

Hormon bernama oksitosin tersebut dilepaskan saat pasangan berpelukan. Penelitian terbaru menunjukkan, ketika berpelukan, oksitosin membuat pria melihat pasangannya jadi lebih menarik dari biasanya. Namun itu hanya terjadi pada pria dan wanita saling mencintai. Sedangkan ketika memeluk orang asing atau teman kerja, efeknya tidak sama. Para peneliti di University of Bonn, Jerman, mengatakan bahwa hormon oksitosin kemungkinan memainkan peran penting dalam memengaruhi tingkat kesetiaan pria pada pasangannya.

Ada 40 pria muda yang menjadi responden penelitian tersebut. Semuanya sedang menjalin hubungan asmara dan diklaim sedang menikmati masa-masa jatuh cinta dan pacaran. Para responden lalu ditunjukkan foto pasangan mereka masing-masing. Mereka juga diperlihatkan beberapa foto wanita yang tidak dikenal dan rekan kerja.

Peneliti kemudian memberikan semprotan berisi oksitosin untuk dihirup. Setelah itu, peneliti menanyakan pada responden tingkat ketertarikan mereka terhadap pasangannya.

Hasilnya, seperti dijelaskan pemimpin penelitian Dirk Scheele di Daily Mail, "Ketika pria menerima oksitosin, sistem pada otak yang memunculkan dan menguatkan rasa menghargai (reward system) jadi sangat aktif saat diperlihatkan foto pasangannya. Mereka melihat pasangannya lebih menarik dari wanita lain."

Dirk menambahkan, pengaktifan reward system dengan bantuan oksitosin ini tidak terjadi pada setiap orang. Sistem pada otak ini sangat selektif dan hanya bereaksi pada foto pasangan atau orang yang dicintai.

Seperti ditulis dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences, para peneliti menjelaskan bahwa oksitosin yang dilepaskan saat terjadi kontak fisik memicu pria jadi monogami dengan membuat wanita terlihat lebih atraktif di mata prianya. Tapi, hanya jika keduanya saling mencintai atau dalam hubungan asmara.

Hormon ini juga membuat putusnya hubungan asmara jadi jauh lebih sulit dihadapi. Mekanisme biologis yang terjadi pada hubungan asmara dua anak manusia sangat mirip dengan obat yang membuat ketergantungan.

"Ini juga bisa menjelaskan kenapa banyak orang jadi depresi atau sangat sedih setelah berpisah: karena kurangnya produksi oksitosin," jelas peneliti.

Jadi, jika ingin hubungan asmara atau pernikahan awet, luangkan banyak waktu untuk berduaan bersama pasangan. Bisa dengan mengobrol sambil saling menyentuh dan berpelukan.

sumber:http://wolipop.detik.com/read/2013/11/27/140530/2425129/852/2/sering-dipeluk-kekasih-buat-pria-tidak-mudah-tergoda-wanita-lain

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...